Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) didirikan/ terdaftar sebagai Program Studi untuk jenjang program S1 pada Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di lingkungan Universitas PGRI Semarang berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 142/DIKTI/Kep/1993, sejak tanggal 20 April 1993. Program Studi Pendidikan Biologi beralamat di Jl. Dr. Cipto-Lontar Nomor 1 Semarang.

Berkenaan dengan penyelenggaraan program studi, Pendidikan Biologi memiliki peringkat akreditasi terakhir B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor : 795/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015.

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang memiliki 20 orang tenaga pendidik dosen tetap yang handal dan mumpuni sesuai bidang keahlian masing-masing. Bidang keahlian dosen terdiri dari bidang Pendidikan Biologi, Pendidikan IPA, ilmu Biologi, Bioteknologi, dan ilmu Lingkungan. Program Studi Pendidikan Biologi sudah memiliki 5 dosen berstatus Doktor, 4 orang dosen sedang studi lanjut S3, dan 11 dosen dengan pendidikan terakhir S2.

Program Studi Pendidikan Biologi UPGRIS aktif dan konsisten dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada Masyarakat.

Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Program Studi Pendidikan Biologi UPGRIS ditunjang oleh sejumlah fasilitas sarana prasarana berupa ruang kelas ber-AC dan LCD, ruang laboratorium pembelajaran, riset, serta Green House.

VISI

“Menjadi Program Studi Pendidikan Biologi yang unggul dan berjati diri pada tahun 2025”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan peneladanan untuk menghasilkan lulusan Program Sarjana Pendidikan Biologi yang unggul dan berjati diri
  2. Melaksanakan penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran, pengembangan keilmuan di bidang pendidikan Biologi
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi penelitian untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat
  4. Melakukan kegiatan kemitraan dengan institusi dalam maupun luar negeri sebagai perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan Program Sarjana Pendidikan Biologi yang unggul dan berjati diri
  2. Menghasilkan karya penelitian sebagai dasar peningkatan mutu pembelajaran, pengembangan ilmu dan profesionalitas dalam bidang pendidikan Biologi
  3. Menghasilkan karya pengabdian yang bermutu sebagai implementasi hasil penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Menghasilkan jejaring kemitraan dengan institusi dalam maupun luar negeri sebagai perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi

SASARAN

  1. Tersedianya lulusan Program Sarjana di bidang Pendidikan Biologi yang unggul dan berjati diri.
  2. Tersedianya karya penelitian sebagai dasar peningkatan mutu pembelajaran, pengembangan keilmuan di bidang pendidikan Biologi.
  3. Terselenggaranya pengabdian masyarakat yang berkualitas sebagai implementasi hasil penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Terwujudnya jejaring kerja sama dengan institusi dalam maupun luar negeri sebagai perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi.
1. Pendidik Biologi

Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi adalah Pendidik Biologi yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran bidang biologi yang unggul dan berjati diri.

2. Asisten Peneliti Pendidikan Biologi

Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi adalah Pendidik Biologi yang mampu mengkaji permasalahan pendidikan biologi dan mampu mempublikasikan karya ilmiah

3. Pelaku wirausaha dibidang pendidikan biologi

Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi adalah Pendidik Biologi yang yang mampu merancang, membuat, melaksanakan, dan mengembangkan usaha di bidang pendidikan biologi terkait media serta sumber belajar biologi, serta mampu menerapkan bio agriculture dalam kewirausahaan di lembaga pendidikan dan atau masyarakat.

Bio Edufarm UPGRIS 2019

Sabun Mandi Dari Kulit Kacang

Sabun Colek dari Sekam Padi
Pupuk dari Keong Mas

Kegiatan 

Budidaya Anggrek di Green House Kampus 3 UPGRIS

Peringatan Hari Bumi

Praktikum Lapangan Keanekaragaman Tumbuhan

Bioentrepreneur Muda

Eksplorasi Media Pembelajaran Biologi

Praktikum Keanekaragaman Hewan Pengawetan Preparat di Laboratorium Fungsi

Analisis Vegetasi Hutan Brayo Kendal

Pemakalah di Seminar Nasional dan Conference Internasional

Green Horizontal dan Barringtonia Comunity Hima Pendidikan Biologi UPGRIS

Biology English Club

Market Eksperimen Matakuliah Pengembangan Evaluasi Produk Wirausaha