Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, dan hidayah-Nya sehingga kita dapat terus membangun negeri tercinta ini melalui pendidikan. Pendidikan merupakan modal dasar untuk mencerahkan dan memajukan kehidupan bangsa. Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Aset yang dimiliki FPMIPATI UPGRIS, terutama SDM nya, merupakan potensi yang sangat besar untuk berperan aktif dalam membangun pendidikan di Indonesia. Pada era disrupsi semakin penuh tantangan ini diperlukan kepemimpinan, kolaborasi, inovasi dan teamwork yang kuat untuk dapat mewujudkan visi dan misi institusi yang telah digariskan Universitas.

Menghadapi era industri 4.0, tidak ada pilihan lain kecuali memperkuat kemampuan inovasi, kolaborasi dan berdaya saing (kompetitif) serta menyiapkan putra-putri terbaik Indonesia menjadi pendidik yang unggul, profesional, gigih, dan religius. Agar dapat memberikan bekal terbaik bagi mahasiswa, FPMIPATI UPGRIS terus meningkatkan mutu pendidikannya baik melalui pembaruan kurikulum, pembelajaran, maupun pengembangan mahasiswa secara sinergis. Akhir-akhir ini salah satu program studi di FPMIPATI melakukan Joint Curriculum  di Don Mariano Marcos Memorial State University (DMMMSU) Filipina. FPMIPATI UPGRIS saat ini terdapat 4 program studi pada jenjang sarjana yakni: 1. Pendidikan Matematika, 2. Pendidikan Biologi, 3. Pendidikan Fisika dan 4. Pendidikan Teknologi Informasi.

Relevansi mutu, dan jumlah kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa terus ditingkatkan melalui berbagai program dan kerjasama. Dalam publikasi hasil penelitian, capaian FPMIPATI dalam rangking skor sinta 5 (lima) besar merupakan dosen FPMIPATI. Hasil-hasil penelitian diharapkan tidak saja berupa publikasi dalam jurnal nasional dan internasional, tetapi juga melahirkan inovasi dan produk teknologi yang berguna bagi masyarakat. FPMIPATI UPGRIS secara aktif juga menyelenggarakan kegiatan ilmiah di tingkat nasional baik berupa seminar, konferensi, dan workshop.

Mahasiswa FPMIPATI UPGRIS selama 3 (tiga) tahun berturut-turut mewakili Universitas dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) tingkat LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah dan 5 (lima) tahun berturut-turut mewakili Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Tengah dalam kompetisi Olimpiade Nasional MIPA (ON MIPA) yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI). FPMIPATI UPGRIS akan terus meningkatkan diri agar selalu memberikan yang terbaik bagi mahasiswa, bagi masyarakat, dan membangun kemajuan bangsa. Semoga Allah SWT selalu membimbing dan meridhoi langkah kita mencerdaskan kehidupan bangsa. Amin.